Selasa, 03 Desember 2013 | 05.11 | 2 Comments

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

makanan-sehat-untuk-ibu-hamil
Masa kehamilan adalah masa-masa yang paling berat tentunya bagi wanita. Nutrisi ketika hamil sangat dibutuhkan, sehingga bunda dan buah hati bisa sehat. 
    

Salah satu faktor penentu perkembangan bayi adalah gizi dalam kandungan. Sehingga peran ibu ketika hamil sangat diperlukan dengan mengkonsumsi makanan sehat. Berikut adalah beberapa ulasan makanan sehat ibu hamil yang bisa Anda konsumsi ketika Anda sedang hamil :


1. Telur
Menurut seorang ahli gizi bernama Elizaberth Ward, bahwa berdasarkan penelitiannya menemukan ada sekitar 90 kalori dalam satu telur. Kandungan protein yang berkualitas terdapat pada telur, dan terdapat juga lebih dari 12 vitamin dan mineral yang penting untuk kehamilan. Sel telur juga kaya akan kandungan kolin, dimana kolin ini sangat dibutuhkan untuk mendorong pertumbuhan bayi dan kesehatan otak, sehingga akan turut menbantu mencegah tabung syaraf.

Penelitian menunjukan adanya kandungan kolin yang terdapat pada telur membuat anda meminimalisir stress, selain itu juga kandungan kolin dapat menyempurnakan perkembangan otak janin. Beberapa bahkan mengandung lemak omega-3, penting bagi otak dan pengembangan penglihatan. Disarankan mengkonsumsi 1-2 butir telur sehari. Jika mengkonsumsi telur, disarankan untuk ibu hamil memasak telur dengan cara yang tepat, perhatikan tingkat kematangan telur sehingga menurunkan kemungkinan bakteri masuk ke dalam tubuh, anda bisa memasak dengan cara merebus atau membuat telur dadar. 

2. Ikan
Ikan berperan dalam memenuhi omega-3, dimana omega-3 ini dibutuhkan oleh ibu hamil.Dengan mengkonsumsi omega-3 akan mempengaruhi perkembangan otak janin, sehingga nantinya diharapkan anak akan lebih cerdas.

Selain kandungan omega-3 kandungan lainnya yang bermanfaat adalah protein dan mineral. Ikan yang disarankan untuk ibu hamil adalah ikan laut seperti salmon, ikan kembung dan sarden. Ikan salmon memiliki kadar merkuri yang sangat rendah, sehingga lebih disarankan. Direkomendasikan untuk mengkonsumsi tidak lebih dari 12 ons per minggu, kemudian ikan harus dimasak dengan benar, hindari mengkonsumsi ikan yang masih mentah seperti sushi karena akan memberikan efek negatif pada janin.

3. Ubi Jalar
Ubi jalar memiliki kandungan karatenoid yang memberikan warna oranye pada ubi jalar., pigmen tanaman yang dikonversi jadi vitamin A didalam tubuh kita, kata ward. Pigmen warna orange inilah yang akan membantu anda dalam meningkatkan asupan vitamin A. Ubi juga merupakan sumber vitamin C, folat, dan serat.

4. Kacang
Beragam jenis kacang memiliki kandungan serat yang tinggi yang sangat baik untuk wanita hamil. Makanan yang kaya akan serat pasti kaya akan gizi lain sperti  besi, folat, kalsium, dan seng. Salah satu jenis kacang adalah kacang hijau yang mengandung serat yang dapat mencukupi kebutuhan serat ibu hamil. Kandungan lemak pada kacang hijau sangat aman dikonsumsi yang dapat menjaga tekanan darah Anda. Kandungan folat pada kacang hijau akan membantu Anda mencegah terjadinya cacat pada bayi.



5. Alpukat
Dalam alpukat mengandung vitamin B kompleks yang digunakan untuk mencukupi asam folat dan vitamin B9. Kandungan asam lemak tak jenuh tunggal pada alpukat akan dapat menambah energi yang aman untuk ibu hamil .
 
6. Walnut
Walnut adalah salah satu sumber nabati yang mangandung omega-3, sehingga ini bisa dijadikan sebagai penganti ikan salmon. Mengkonsumsi walnut dapat dijadikan sebagai camilan ibu hamil.

7. Yoghurt
Yoghurt mengandung protein yang membantu dalam pertumbuhan janin, serta kalsium untuk memperkuat tulang janin, probiotik untuk mengontrol asupan makanan yang mengandung bahan berbahaya, sehingga mampu meningkatkan kekebalan di dalam usus ibu hamil, serta tentunya ada zat besi untuk mencegah anemia ketikah masa kehamilan. Ketika mengkonsumsi yoghurt, disarankan mengkonsumsi yang belum mendapat pewarna dan perasa, sehingga meminimalisir resiko asupan kimia yang berbahaya terhadap kesehatan ibu hamil.

Itu dia beberapa makanan sehat untuk ibu hamil yang bisa dicoba. Penuhi kebutuhan nutrisi Anda terpenuhi dengan baik sehingga perkembangan janin dan kesehatan Anda akan tetap terjaga dengan baik.
    

2 komentar:

Anonim mengatakan...

trims info makanan sehatnya, pilihan nutrisi ibu hamil yang baik nih. cek juga info nutrisi hamil lainnya yah http://goo.gl/t60XWw

Najla Alliya mengatakan...

Nice gan, lengkp banget infonya. tks

Posting Komentar

 
Copyright Tips Kehamilan © 2010 - All right reserved - Using Blueceria Blogspot Theme
Best viewed with Mozilla, IE, Google Chrome and Opera.