Jumat, 19 Juli 2013 | 07.49 | 4 Comments

Cara Menghitung Masa Subur Wanita

cara-menghitung-masa-subur-wanitaMasa subur merupakan masa dalam siklus menstruasi yang menandai terdapat sel telur yang matang dan siap dibuahi.Mengetahui masa subur adalah salah satu hal yang musti kita ketahui jika ingin cepat hamil.Namun terkadang masih banyak yang belum tahu kapan masa suburnya,sehingga ketika sedang ingin cepat hamil asal-asalan saja melakukannya dan hasilnya tidak maksimal.

Dengan mengetahui kapan masa subur kita,maka dengan lebih besar peluang untuk bisa cepat hamil.Ketika masa subur itulah saat yang tepat melakukan hubungan seksual sehingga akan lebih mudah untuk bisa hamil.Trus,bagaimana cara mengetahui masa subur ??

Ada beberapa cara yang digunakan untuk mengetahui masa subur seorang wanita,berikut adalah cara menghitung masa subur :


1. Ukur Temperatur Basal Tubuh
Secara normal, biasanya suhu tubuh manusia berkisar antara 35-36 derajat Celsius. Namun, jika pada waktu ovulasi, suhu tersebut akan turun dan naik menjadi 37-38 derajat Celsius. Suhu ini tidak akan turun menjadi 35 derajat lagi. hal ini disebabkan oleh terbentuknya progesteron yang berfungsi untuk menyiapkan jaringan di dalam rahim untuk menerima sel telur yang telah dibuahi.

Dengan mengukur temperatur basal tubuh, tingkat kesuburan wanita dapat diketahui. Caranya, letakkan termometer di bawah lidah pada pagi hari sebelum beranjak dari tempat tidur. Suhu tubuh normal sekitar 36 derajat Celcius. Ketika ada telur matang yang dikeluarkan atau ovulasi, suhu basal tubuh bisa meningkat 1 hingga 1,5 dari suhu normal. Untuk mengetahui perkembangan masa subur, catatlah suhu basal tubuh Anda setiap hari.

Dalam menentukan masa subur dengan cara ini, pastikan bahwa Anda tidak dalam keadaan demam. Hindari tidur dengan lampu yang panas atau AC. Suhu tubuh harus alami berasal dari dalam tubuh sehingga hasilnyapun bisa akurat.

2. Lihat Sifat Mukus
Melihat mukus atau lendir dari leher rahim tergolong cara yang susah sehingga dibutuhkan latihan dan kejelian. Sebenarnya, untuk lebih jelasnya harus ditanyakan ke dokter. Namun, tak ada salahnya Anda mencoba menentukan sendiri dengan cara berikut ini. Periksalah setiap hari lendir dari mulut rahim setiap hari.

Raba lendir tersebut dengan ibu jari, lalu rekatkan lendir hingga membentuk garis dengan panjang 2-3 cm. Jika lendir tersebut putus, berarti Anda dalam masa tidak subur. Namun, jika lendir tersebut tidak putus maka pembaca dalam masa subur. Pada saat ovulasi, biasanya hormone estrogen mencapai puncaknya sehingga lendir rahim menjadi agak encer.

Anda tetap harus memastikannya ke dokter karena tingkat keakuratan dengan pemeriksaan sendiri berkisar antara 60-70 persen.

3. Sistem Kalender
Sistem kalender merupakan salah satu cara menghitung masa subur yang lebih dikenal. Anda boleh menggunakan cara ini selama siklus haid teratur. Masa subur dapat diketahui dari tanggal hari pertama haid. Ovulasi atau masa subur kira-kira 14 hari sesudah haid hari pertama jika siklus haid adalah 28 hari.

Usia sel telur sekitar 2 hingga 3 hari, sedangkan kemungkinan hidup sperma sekitar 2 hingga 5 hari setelah masuk ke lubang vagina. Dengan demikian, 5 hari sebelum dan 3 hari setelah tanggal itu dinamakan masa subur. Bila tidak mau hamil, sebaiknya Anda menghindari hubungan intim pada tanggal tersebut.

Untuk menghitung masa subur pada siklus haid Anda yang tidak teratur, catatlah jumlah hari dalam satu siklus haid selama 6 bulan. Satu siklus haid dihitung mulai dari hari pertama haid sekarang hingga hari pertama haid selanjutnya. Kemudian, jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus tersebut (6 bulan) dikurangi 11. Cara perhitungan ini digunakan untuk menentukan hari terakhir masa subur.

Cobalah catat masa menstruasi Anda (perhitungan 32 hari):
- HARI 1-5. Memulai siklus di hari pertama menstruasi. Penting untuk mencatat tanggal itu untuk menghitung tanggal perkiraan ovulasi Anda.
- HARI 6-11. Anda tidak menstruasi, tetapi tidak subur. Tubuh pada tahap ini sedang mempersiapkan pelepasan telur. 
- HARI 12-18. Inilah hari-hari paling subur Anda. Tubuh melepas telur pada salah satu dari ketujuh hari tersebut. Ini adalah waktu terbaik untuk berhubungan seks. Karena masa hidup maksimal sperma adalah 5 hari dan sel telur 1 hari, masa subur adalah 5 hari sebelum dan 1 hari sesudah ovulasi. 
- HARI 19-32. Jika Anda baru melakukan hubungan seks selama periode ini, peluang kehamilan nyaris nol.


Meskipun cukup efektif, sistem kalender kurang aman untuk menunda kehamilan. Selain menggunakan cara ini, pasangan suami istri dianjurkan memakai alat kontrasepsi, seperti menggunakan kondom saat berhubungan pada masa subur. Sekali lagi, masa subur merupakan masa yang harus dihindari jika Anda ingin menunda kehamilan karena gairah wanita akan meningkat pada masa ini.Namun jika ingin cepat hamil,masa suburlah yang merupakan momen yang tepat.


4.Gunakan Kalkulator Masa Subur
Untuk mempermudah perhitungan masa subur,coba gunakan kalkulator masa subur.Bisa dilihat di sini : http://ibuhamil.com/kalkulator-masa-subur.php

Itu dia cara menghitung masa subur wanita,semoga tips ini bermanfaat. 


4 komentar:

kanima mengatakan...

ternyata cukup mudah menghitung masa subur

cpns 2014 mengatakan...

Ternyata begitu caranya ya :)

Toilet Portable mengatakan...

Cara menghitung masa subur wanita memang mudah sekali.

Cara Qudrat mengatakan...

cara menghitung masa subur ini sangat diperlukan bagi pasutri yang ingin cepat mendapat momongan, terima kasih informasinya.

Posting Komentar

 
Copyright Tips Kehamilan © 2010 - All right reserved - Using Blueceria Blogspot Theme
Best viewed with Mozilla, IE, Google Chrome and Opera.